OLAHRAGA SENI BELADIRI PENCAKSILAT ALIRAN CIKALONG

Aleve.us – OLAHRAGA SENI BELADIRI PENCAKSILAT ALIRAN CIKALONG, OLAHRAGA SENI BELADIRI PENCAKSILAT ALIRAN CIKALONG

OLAHRAGA SENI BELADIRI PENCAKSILAT ALIRAN CIKALONG

Olahraga Seni Beladiri Pencaksilat Aliran Cikalong
Pencak silat adalah jenis olahraga beladiri yang lahir dari perkembangan budaya. Pencaksilat adalah salahsatu cabang olahraga khas Indonesia yang didalamnya terdiri dari budaya lokal yang tumbuh dan berkembang.
Olahraga seni beladiri pencaksilat memiliki aliran-aliran yang sangat keterkaitan satusama lain yang salahsatunya aliran Cilakong. Sejarah singkat mengenai aliran ini dikembangkan olahraden haji Ibrahim (Rd. Djajaperbata). Sebelumnya Rd.H.Ibrahim berguru kepada kakak iparnya yaitu Rd,Ateng alimudin di jatinegara, kemudian dilanjutkan kepada beng Ma'ruf (Tanah Abang Jakarta) dan bang Kari (Benteng Tangerang).
Pelajaran dari gurunya itu kemudian diolah kembali oleh Rd. H.Ibrahim melalui proses khalwat (perenungan ) disebuah goa di kampung jelebud,sitepi sungai cikundul, Cianjur. Karena itu lahirlah pencaksilat aliran cikalong. Nama aliran ini diambil dari nama tempat tinggal Rd. H.Ibrahim atau tempat awal penyebaran aliran ini.
Awal penyebaran aliran cikalong tidak begitu pesat, hal ini disebabkan berbagai hal. Pertama Rd.H.Ibrahim sangat slektif dalam memilih murid, diduga disebabkan khawatir penyalahgunaan ilmu pencaksilat yang sangat membahayakan itu. Aliran pencaksilat yang dipengaruhi oleh aliran cikalong diantaranya adalah aliran cikaret, dan salanika, sedangkan perguruan yang mempelajari aliran ini diantaranya adalah paguron pusaka cikalong (PPC) Cianjur, paguron pusaka siliwangi, pager kencana dan lain-lain.
Beberapa jurus yang sangat trkenal dan ampuh yaitu : Suliwa, susun, kocet, serut, jurus lima dan lain-lain. Jurus-jurus tersebut memiiki kemampuan yang sangat luarbiasa yang inti sasarannya adalah mempelajari keraktar lawan, mengukur kekuatan lawan, dan mengetahui rasa lawan. Khusus bagian ketiga ini perlu latihan yang sangat serius karena merasakan pribadi seseorang dengan orang yang lain tentu berbeda.
Itulah sekilas tentang olahraga seni beladiri pencaksilat aliran cikalong yang bisa saya sampaikan mudah-mudahan bermanfaa.

Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  OLAHRAGA SENI BELADIRI PENCAKSILAT ALIRAN CIKALONG, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  OLAHRAGA SENI BELADIRI PENCAKSILAT ALIRAN CIKALONG berguna untuk anda.

TEKNIK MENGURANGI KETEGANGAN DAN KECEMASAN DALAM OLAHRAGA

Aleve.us – TEKNIK MENGURANGI KETEGANGAN DAN KECEMASAN DALAM OLAHRAGA, TEKNIK MENGURANGI KETEGANGAN DAN KECEMASAN DALAM OLAHRAGA

TEKNIK MENGURANGI KETEGANGAN DAN KECEMASAN DALAM OLAHRAGA

Teknik Mengurangi Ketegangan dan Kecemasan Dalam Olahraga
Ketegangan dan kecemasan sering kali hinggap pada setiap atlet atau pelaku olahraga dikala mereka bertanding baik pertandingan resmi atau biasa sehingga ketegangan atau kecemasan dapat berpengaruh terhadap performa.
Ada beberapa teknik dalam mengurangai ketegangan dan kecemasan yang mungkin bisa dijadikan refrensi anda dalam bertanding.
1. Teknik Yakobson
yang mengajarkan pentingnya pertandinagn dalam benak atlet, dan mengurangi ancaman hukuman-hukuman bagi atlet apabila ia gagal.
2. Teknik progresive muscle ari Yakobson
mengontrol sistem otot-ototnya yang bertujuan agar ketegangannya berkurang. Dengan demikian maka atlet dapat mengontrol mosinya. Dengan demikian kemampun mengontrol emosi ditentukan oleh kemampuan mengontrol sistem otot.
3. Teknik Autogenic Relaxation
Memberikan fungsi kepada diri sendirinya. Pada permulaan yaitu dengan memberikan intruksi-intruksi kepada diri sendiri.
4. Latihan Pernafasan
Yaitu melakukan inhalasi yang dalam dan pelan, sehingga pernafasan yang tadinya cepat atau meninggi secara berangsur..
5. Meitation

Sedaiknya dilakukan di ruangan tertutup dan tenang. dan bebas dari setiap gangguan.
 6. Training Models

Menciptakan medel-model latihan sebagai upaya untuk mengelola ketegangan dan kecemasan.
7. Teknik Pemusatan Perhatian
Yaitu memusatkan perhatian terhadap pertandinagn yang akan dijalani saat itu.
8. Teknik Pendekatan individual
Kedekatan atlet terhadap pelatihnya sangan menentukan. Pelatih mengajak atletny dan berbicara dari hati ke hati.
9.Pembiasaan
Atlet dilatih membiasakan diri dengan situasi pertandingan dan menganggap  
setiap pertandingan tidak ada atau biasa saja
10. Teknik-Teknik Khusus
Teknik ini sangat biasa diterapkan dengan memakai media seperti mendengarkan musik, lebih mendektkan diri kepada sang pencipta, dan memberikan pemahaman yang cukup da tulus.
sehingga atlet merasa lupa akan ketegangan.
Itulah sedikit materi tentang teknik menguranhi ketegangan den kecemasan dalam berolahraga mudah-mudahan bermanfaat.

Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  TEKNIK MENGURANGI KETEGANGAN DAN KECEMASAN DALAM OLAHRAGA, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  TEKNIK MENGURANGI KETEGANGAN DAN KECEMASAN DALAM OLAHRAGA berguna untuk anda.

PENTINGNYA PEMANASAN SEBELUM BER OLAHRAGA

Aleve.us – PENTINGNYA PEMANASAN SEBELUM BER OLAHRAGA, PENTINGNYA PEMANASAN SEBELUM BER OLAHRAGA

PENTINGNYA PEMANASAN SEBELUM BER OLAHRAGA

Pentingnya Pemanasan Sebalum Ber Olahraga
Melakukan aktivitas olahraga memang sangatlah mudah karena pada dasarnya olahraga adalah gerak tubuh artinya pergerakan tubuh. Tetapi perlu anda ingat bahwa melakukan olahraga dengan tidak teratur dan tidak terarah akan sia-sia bahkan bisa menimbulkan resiko cedera. Maka dari itu anda harus tau bahwa pentingnya pemanasan sebelum ber olahraga.

Melakukan pemanasan sebelum olahraga juag sangat mudah, tetapi juga tidak gampang untuk dilakukan. Karena pemanasan itu sangat penting, maka cara melakukannyapun harus sesuai dengan olahraga yang dilakukan. contohnya: Anda berolahraga sepak bola, maka sebelum berolahraga anda melakukan pemanasan dengan memperbanyak gerak di bagian kaki. 
Pentingnya pemanasan sebelum ber olahraga tujuannya adalah untuk mempersiapkan otot, sendi, tulang, dan bagian-bagian tubuh yang lainnya yang mungkin akan bergerak pada saat anda berolahraga. Manfaat pemanasan itu sendiri sangatlah besar seperti mencegah resiko cedera, meningkatkan performa, tubuh labih fleksibel dan elastis, membantu tubuh lebih rileks. Artinya dengan melakukan pemanasan sebelum ber olahraga maka peredaran darah akan mengalir ke otot dengan baik sehingga siap untuk aktivitas yang lebih besar.
Melakukan pemanasan sebelum olahraga tidak perlu sulit, tidak perlu bantuan dari orang lain, dan tidak perlu biaya. Anda cukup menggerakan atau menarik bagian tubuh secara terurut dan ringan, seperti misalnya menarik kepala dari atas ke bawah, samping kanan ke kiri. menarik tangan atas ke bawah, samping kanan ke kiri, dan seterusnya hingga kaki. Lakukan juga pergerakan dinamis seperti misalnya joging-joging kecil, aerobik ringan, dan lari-lari kecil di tempat dan loncat-loncat rendah. Hingga tubuh kita berkeringat dan merasa siap untuk berolahraga yang akan dilakukannya.
Sebagai catatan dari saya apapun bentuk olahraga yang anda pilih, lakukanlah pemanasan dengan baik. Pemanasan sebelum olahraga sangat penting untuk menyiapkan otot dan sendi untuk lebih siap juga untuk menghindari resiko kemumgkinan terjadinya cedera.
Itulah materi yang bisa saya bagikan tentang pentingnya  pemanasan sebelum ber olahraga mudah-mudahan bermanfaat.

Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  PENTINGNYA PEMANASAN SEBELUM BER OLAHRAGA, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  PENTINGNYA PEMANASAN SEBELUM BER OLAHRAGA berguna untuk anda.